Tsabangnews.com,_Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Selatan Haris Setiawan, melakukan tinjauan harga komoditas pangan di pasar Terminal Toboali bersama Forkopimda Bangka Selatan, Rabu (28/2/2024).

Dalam memantau harga komunitas pangan, Pj Sekda Bangka Selatan di dampingi langsung oleh Dandim 0432/Bangka Selatan, Letkol Inf Gani Rahman, dan Wakapolres Bangka Selatan, Kompol Hary Kartono, beserta unsur Forkopimda lainnya.

Menurut keterangan Pj Sekda Haris yang didampingi Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan Bangka Selatan Anshori, dari hasil pengecekan di lapangan terdapat beberapa komoditas mengalami kenaikan.

“Dari hasil pantau hari ini, terjadi kenaikan terutama beras dan gula pasir. Untuk mengantisipasi lonjakan harga pangan tersebut pemerintah daerah telah menyiapkan beberapa langkah konkret, “ucapnya.

Menurutnya salah satu langkah yang akan diambil adalah menjaga ketersediaan stok pangan serta melakukan sosialisasi gerakan belanja bijak kepada masyarakat.

“Selain menjaga ketersediaan stok pangan, pemerintah daerah juga akan mengkampanyekan Gerakan belanja bijak, Gerakan ini mengajak masyarakat untuk membeli barang di pasar sesuai dengan kebutuhan, sehingga dapat membantu menekan lonjakan harga, “terangnya.

Dirinya juga menyebutkan, Pemerintah daerah akan selalu memantau situasi dan harga pangan secara berkala serta siap mengambil langkah antisipatif.

“Kegiatan peninjauan harga ini merupakan bagian dari upaya untuk menekan angka inflasi di Kabupaten Bangka Selatan. Meskipun angka inflasi sudah rendah dan bahkan turun signifikan dari tahun sebelumnya, namun instansi terkait tetap harus waspada, “terangnya.

“Mendekati bulan puasa, Pemkab Bangka Selatan akan terus memantau harga pangan sesuai arahan Bupati, langkah pencegahan lebih diutamakan sebelum penanganan disaat terjadi lonjakan harga di pasaran,” tambahnya.

Pj Haris mengatakan, selanjutnya upaya proaktif pemerintah daerah dalam mengawal harga pangan menjadi hal penting dalam menjaga stabilitas ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bangka Selatan.

“Dengan adanya langkah-langkah ini, diharapkan pemerintah daerah mampu memberikan perlindungan bagi konsumen dan menjaga kestabilan harga pangan di pasaran, “pungkasnya (***)